juklak fasi 2016

BAB I
KETENTUAN UMUM PESERTA, SANKSI DAN DEWAN HAKIM

Pasal 1
PESERTA LOMBA

1.       Peserta lomba adalah santri TKA/ TKQ, TPA/ TPQ, dan TQA dari seluruh Kabupaten Tegal
2.       Peserta lomba adalah juara I FASI tingkat Kecamatan dari berbagai bidang lomba yang telah ditentukan oleh BADKO TPQ Kab, Tegal. Apabila juara I tidak bisa mengikuti FASI, maka peserta yang akan dikirim adalah Juara II atau Juara III dst.
3.       Peserta boleh merangkap maksimal dua cabang lomba baik pada tingkat kategori yang sama maupun berbeda selama persyaratan usia terpenuhi, dengan mempertimbangkan resiko gugur sebagaimana Bab II poin 1c.
4.       Peserta lomba belum pernah Juara I pada FASI Kab. Tegal sebelumnya pada jenjang unit dan bidang lomba yang sama.
5.       Identitas peserta dilengkapi dengan surat keterangan dari Kepala Unit TKA/ TKQ, TPA/TPQ, atau TQA asal santri belajar, sebagai lampiran dari mandat yang dikeluarkan oleh Ketua BADKO TPQ Kecamatan yang bersangkutan.
6.       Usia peserta diatur sebagai berikut :
a.       Santri TKA, usia maksima  7 tahun pada tanggal 1 Juli 2017 (lahir max. 1 Juli 2010)
b.       Santri TPA, usia maksimal 12 tahun pada tanggal 1 Juli 2017 (lahir max. 1 Juli 2005)
c.       Santri TQA, usia maksimal 15 tahun pada tanggal 1 Juli 2017 (lahir max. 1 Juli 2002)
7.       Keabsahan mengenai usia peserta dilampiri dengan fotokopi akte kelahiran/surat kenal lahir dan atau ijazah yang mereka miliki dengan memperlihatkan aslinya pada saat daftar ulang.
8.       Pendaftaran peserta :
a.       Peserta lomba utusan Kecamatan didaftar secara kolektif oleh Pengurus BADKO TPQ Kecamatan selambatnya tanggal ....
b.       Semua cabang lomba (perorangan maupun group) masing-masing Kecamatan hanya boleh mengirimkan 1(satu) orang peserta/ 1 group. (lihat bab III tentang ketentuan jumlah peserta)

Pasal 2
SANKSI-SANKSI

1.       Peserta lomba (santri TKA/ TKQ, TPA/TPQ, atau TQA) yang tidak memenuhi ketentuan umum sebagaimana ditetapkan oleh lembaga (panitia) maka akan ditolak menjadi peserta,
2.       Apabila santri yang bersangkutan telah terlanjur mengikuti lomba, maka santri tersebut dinyatakan gugur dan tidak boleh mengikuti lomba pada tahap berikutnya.
3.       Apabila telah terlanjur menjadi juara, maka kejuaraannya akan dicabut (didiskualifikasi), kemudian peserta yang mendapat rangking berikutnya otomatis akan naik peringkat.


Pasal 3
DEWAN HAKIM

1.       Anggota dewan hakim disemua jenis lomba dan tingkaan (baik perorangan maupun group) untuk tingkat Kabupaten Tegal direkrut dari berbagai Lembaga dan atau Organisasi bertaraf Kabupaten, dan profesional dalam bidangnya masing-masing.
2.       Kegiatan dewan hakim untuk seluruh bidang lomba dikoordinir oleh seorang Koordinator Dewan Hakim. Sedangkan untuk penjurian setiap bidang lomba dipimpin oleh seorang Ketua Dewan Juri cabang lomba.


BAB II
TATA TERTIB PESERTA DAN DEWAN HAKIM

Pasal 4
TATA TERTIB PESERTA LOMBA

Peserta lomba adalah santri TKA/ TKQ, TPA/TPQ, atau TQA utusan BADKO TPQ Kecamatan yang telah memenuhi syarat-syarat/ ketentuan umum dan telah terdaftar di Panitia FASI VI serta senantiasa mentataati peraturan sebagai berikut :

1.       Persiapan (sebelum) Tampil:
a.       Peserta lomba sudah berada di arena lomba 30 menit sebelum acara dimulai dan didampingi oleh official/ pelatih yang sudah diberi mandat oleh BADKO TPQ Kecamatan.
b.       Peserta lomba dipanggil berdasarkan nomor undian yang bersangkutan.
c.       Peserta yang belum hadir pada pemanggilan pertama (setelah tiga kali pemanggilan), maka akan dipanggil pada urutan terakhir. Dan apabila pemanggilan pada urutan terakhir pun belum hadir juga, maka peserta yang bersangkutan dianggap gugur.
d.       Peserta lomba diperkenankan memakai pakaian khas daerah, pakaian seragam TPQ atau pakaian yang secara khusus dibuat untuk acara FASI.
e.       Peserta lomba masuk dan keluar arena lomba melalui jalur/ pintu sebagaimana yang telah ditetapkan panitia.
f.        Peserta lomba dilarang meninggalkan arena lomba tanpa seizin dewan Hakim atau Seksi Lomba/ panitera masing-masing.

2.       Ketika Tampil
a.       Peserta tidak perlu mengucapkan salam baik awal maupun di akhir penampilan untuk semua lomba kecuali lomba ceramah.
b.       Khusus untuk cabang lomba tartil, tilawah dan tahfidz, bacaan dimulai dengan ta’awudz dan diakhiri dengan tashdiq (tanpa mengucap salam di awal dan di akhir)
c.       Penentuan Maqro’
1)       Tartil TKA/ TKQ dan TPA/ TPQ
a)       Pada babak penyisihan maqro’ dapat diambil pada saat technical meeting.
b)       Pada babak final maqro’ dapat diambil 30 menit  sebelum lomba dimulai.
2)       Tilawah TQA
a)       Pada babak penyisihan maqro’ dapat diambil pada saat technical meeting dengan ketentuan sebagai berikut :
·         QS. Al Baqarah, dimulai ayat 254
·         QS. An Nahl dimulai ayat 66
·         QS. Al Mu’minun dimulai ayat 23
·         QS. Al Isra dimulai ayat 78
·         QS. Lukman dimulai ayat 1
·         QS. Al Fath dimulai ayat 27
b)       Pada babak final, peserta harus menyerahkan maqro’ yang akan dibaca minimal satu jam sebelum tampil.
Pasal 5
TATA TERTIB DEWAN HAKIM

1.       Dewan Hakim harus sudah siap di arena 15 menit sebelum lomba dimulai.
2.       Dewan Hakim harus berpakaian muslim & muslimah.
3.       Dewan hakim wajib memakai tanda pengenal khusus Dewan Hakim.
4.       Pada saat menjalankan tugas, setiap anggota Dewan Hakim dilarang merokok, menggunakan HP untuk telpon atau SMS, dan meninggalkan tempat tanpa seizin Ketua Dewan Hakim masing-masing cabang lomba.
5.       Setiap dewan hakim wajib menjalankan tugasnya sesuai dengan norma, kriteria penilaian yang berlaku, serta berlaku adil dan tidak memihak.
6.       Setiap anggota dewan hakim wajib mengikuti sidang-sidang dewan hakim baik sidang pleno (sidang bersama) yang dipimpin oleh koordinator lomba, sidang-sidang masing-masing cabang lomba, pengambilan sumpah/ pelantikan dewan hakim.
7.       Setiap anggota dewan hakim wajib menghormati dan menjunjung tinggi keputusan Dewan Hakim tentang hasil akhir lomba masing-masing serta wajib merahasiakannya sampai pengumuman pemenang dibacakan.
8.       Hal-hal yang belum diatur dalam tata tertib ini akan diatur kemudian (apabila diperlukan) dengan berdasar pada asas musyawarah mufakat.


BAB III
JENIS LOMBA, PESERTA dan SISTEM PENILAIAN

Pasal 7
JENIS LOMBA
TKA/TKQ
TPA/TPQ
TQA
1.       Tartil Al Qur’an
2.       Adzan dan Iqomah
3.       Ikrar dan Lagu-lagu Islami (Nasyid)
4.       Puitisasi Terjemahan Al Qur’an
5.       Cerdas Cermat Al Qur’an
6.       Mewarnai Gambar
7.       Ceramah Bahasa Indonesia
1.       Tartil Al Qur’an
2.       Adzan dan Iqomah
3.       Ikrar dan Lagu2 Islami (Nasyid)
4.       Puitisasi terjemahan Al Qur’an
5.       Cerdas cermat Al Qur’an
6.       Menggambar
7.       Ceramah bahasa Indonesia
8.       Sholat berjamaah
1.       Tilawah Al Qur’an
2.       Hafalan (Tahfidz) Juz Amma
3.       Tarjamah Lafdziyah
4.       Kisah Islami
5.       Kaligrafi
6.       Ceramah Bahasa Arab
7.       Ceramah Bahasa Inggris
8.       Ceramah Bahasa Indonesia
9.       Sholat Berjamaah
10.   Rebana


Pasal 8
PESERTA, MATERI LOMBA DAN SISTEM PENILAIAN

1.       TARTIL AL QUR’AN
a.       Peserta :
1)       Santri TKA/ TKQ Putra dan Putri, Juara I di tingkat Kecamatan
2)       Santri TPA/ TPQ Putra dan Putri, Juara I di tingkat Kecamatan

b.       Materi Lomba :
1)       TKA/ TKQ membaca ayat antara Juz 1 – 10, waktu 5 menit
2)       TPA/ TPQ membaca ayat antara Juz 11 – 20, waktu 5 menit

c.       Sistem Penilaian :
Pelaksanaan lomba dinilai oleh 2 orang hakim sesuai dengan bidang dan keahliannya masing-masing yang diatur sebagai berikut :

1)       Bidang Tajwid, terdiri dari :
a)       Makharijul huruf
b)       Sifatul Huruf
c)       Ahkamul Huruf
d)       Ahkamul Mad Wal Qoshr

2)       Bidang Fashahah dan adab, terdiri dari :
a)       Al Waqfu wal Ibtida’
b)       Muro’atul Huruf wal Harakat
c)       Muro’atul Huruf wal Ayat
d)       Adabut Tilawah

3)       Bidang Suara dan Irama, terdiri dari :
a)       Keindahan suara
b)       Irama dan variasi
c)       Keutuhan dan Tempo bacaan
d)       Pengaturan nafas
e)       Jumlah lagu
f)        Lagu pertama dan penutup

4)       Aspek dan skor penilaian :
No
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
2.
3.
Tajwid
Fashohah dan adab
Bidang suara dan irama
35
35
30
20
20
10

Jumlah
100
50

5)       Jenis kesalahan-kesalahan :
a)       Salah dalam bacaan dikategorikan sebagai kesalahan Jally
b)       Salah dalam tajwid dan fashahah dikategorikan sebagai kesalahan khafi
c)       Kesalahan-kesalahan lain diluar poin 1 dan 2 dikategorikan sebagai kesalahan biasa
d)       Penilaian terhadap kesalahan sebagaimana dimaksudkan pada poin1, 2, dan 3 dapat ditentukan oleh kesepakatan dewan hakim.


2.       ADZAN DAN IQOMAT
a.       Peserta :
1)       Santri TKA/ TKQ putra, juara I di tingkat Kecamatan
2)       Santri TPA/ TPQ putra, juara I ditingkat Kecamatan
b.       Materi :
1)       Materi pokok : Lafadz adzan dan Iqomat
2)       Materi tambahan : Do’a sesudah adzan dikeraskan
c.       Aspek dan Skor Penilaian :
No
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
2.
3.
Bidang Tajwid & Fashohah
Bidang Lagu & Suara
Bidang  Adab dan Kerapihan
35
35
30
20
20
10

Jumlah
100
50


3.       IKRAR DAN LAGU-LAGU ISLAMI (NASYID)
a.       Peserta
1)       Santri TKA/ TKQ, 1 Group putra/putri/campuran (sebanyak 5 orang)
2)       Santri TPA/ TPQ, 1 Group putra/putri/campuran (sebanyak 5 orang)
3)       Boleh menggunakan alat musik(organ/gitar) atau kaset karaoke (minus one)
4)       Bentuk nyanyian vokal group
5)       Teks ikrar sesuai lampiran
b.       Judul lagu dan Sumber :
1)       Lagu untuk TKA/ TKQ
a)       Lagu wajib    : Betapa
b)       Lagu pilihan   :
·         Sayangi Ayah Bunda
·         Allah Maha Pencipta
·         Satu Huruf
·         Sholat
c)       Sumber         : Kaset/ CD Lagu Terbaik TKA/ TKQ 2013
2)       Lagu untuk TPA/ TPQ
a)       Lagu Wajib    : Di Keheningan Malam
b)       Lagu Pilihan  :
·         Yaa Muhammad
·         Munajat
·         Tiada Tuhan Selain Allah
·         Mukjizat
c)       Sumber       : Kaset/ CD Lagu Terbaik TKA/ TKQ 2013
c.       Aspek dan Skor Penilaian
No
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Kualitas Vokal
Ketepatan Nada dan Kesesuaian Irama
Teknik pengaturan nafas dan peralihan suara
Penghayatan/ Ekspresi
Variasi Gerak dan Kekompakan
Kostum
30
20
20
10
15
5
15
10
10
5
7
3

Jumlah
100
50

4.       PUITISASI AL QUR’AN
a.       Peserta :
1)      Santri TKA/ TKQ, 1 Group putra/putri/campuran (sebanyak 5 orang)
2)      Santri TPA/ TPQ, 1 Group putra/putri/campuran (sebanyak 5 orang)
b.       Materi :
1)       Puitisasi Terjemah Al Qur’an :
a)       TKA/ TKQ   : Surat An Nashr/ AL Ikhlash/ Al-Falaq
b)       TPQ           : Surat Al-Maun/Al-Humazah/ Al-Zalzalah/Al-‘Adiyat.
c.       Waktu tampil 10-15 menit
d.       Teknik tampil :
·         Ayat Al Qur’an tidak dibaca
·         Puitisasi Al Qur’an ditampilkan dengan sistem pembacaan puisi berantai/ kelompok (tidakmembacateks)
·         Tidak menggunakan iringan alat musik
e.       Aspek dan Skor Penilaian:

No
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
2.
3.
4.
5.
Tehnik Vokal/Intonasi/Artikulasi/Aksentuasi
Enghayatan
Gesture (Ekspresi Gerak)
Sikap
Kostum
40
30
10
10
10
20
15
5
5
5

Jumlah
100
50


5.       CERDAS CERMAT AL-QUR’AN
a.       Peserta :
1)       Santri TKA/ TKQ, 1 Group terdiri dari 3 orang putra/putri/campuran
2)       Santri TPA/ TPQ, 1 Group terdiri dari 3 orang putra/putri/campuran
b.       Materi dibuat oleh Panitia :
1)       TKA/ TKQ, meliputi :
a)       Buku Iqra’/ Qira’ati jilid 1 s/d 6
b)       Materi hafalan Bacaan Sholat dan Surat Pendek
c)       Do’a Harian dan Adabnya
d)       Pengetahuan Keislaman/ Dinul Islam
2)       TPA/ TPQ, meliputi :
a)       Al Qur’an
b)       Ilmu Tajwid
c)       Materi Hafalan Bacaan Sholat, Do’a Harian dan Adabnya, Syrat Pendek serta Ayat pilihan
d)       Pengetahuan keislaman/ Dinul Islam
c.       Sistem Perlombaan
1)       Cerdas cermat dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu : Penyisihan, Semi Final dan Final.
2)       Setiap tahapan dilakukan dalam dua babak. Babak pertama, setiap regu secara bergiliran mendapatkan sepuluh buah pertanyaan. Babak kedua, adalah babak rebutan dengan sepuluh pertanyaan untuk seluruh regu.

d.       Sistem Penilaian
Dewan hakim hanya menilai sisi benar tidaknya jawaban peserta CCQ terhadap pertanyaan yang diberikan, dengan ketentuan sebagai berikut :
Babak Pertama :
1)       Pada babak pertama, 10 soal pertama diberikan kepada masing-masing regu dimulai dengan regu A, kemudian sepuluh soal kedua untuk regu B dan seterusnya.
2)       Apabila jawabanya benar, regu yang bersangkutan mendapat nilai 100. Apabila jawabannya kurang sempurna diberi nilai sesuai kadar kebenarannya. Jawaban yang kurang sempurna tidak dilemparkan kepada regu lain.
3)       Apabila soal yang diberikan kepada regu yang bersangkutan tidak dijawab dengan benar, maka akan dilemparkan/ diberikan kepada regu yang membunyikan bel terlebih dahulu.
4)       Bagi yang memperoleh lemparan soal dan menjawab dengan benar diberi nilai 50 dan jika jawaban salah  nilai dikurangi 25, dan jika jawaban kurang sempurna penilaian diserahkan kepada Dewan Hakim.
5)       Setiap regu yang mendapat lemparan soal, hanya boleh menjawab setelah mendapat izin dari Dewan Hakim. Regu yang menjawab soal lemparan tanpa ditunjuk oleh dewan hakim, maka nilainya dikurangi 25.

Babak Kedua (Rebutan) :
1)       Dalam babak rebutan, diberikan sepuluh soal untuk diperebutkan oleh seluruh regu.
2)       Peserta boleh membunyikan bel sebelum soal selesai dibacakan
3)       Regu yang pertama kali membunyikan bel, maka regu tersebut wajib menjawab, apabila tidak menjawab, maka diangap telahmenjawab dengan jawaban yang salah, dan nilainya dikurangi 100.
4)       Apabila jawabannya benar diberi nilai 100, apabila jawabannya kurang sempurna atau salah, maka nilainya dikurangi 100
5)       Soal pada babak rebutan tidak dilemparkan kepada regu yang lain.
Ketentuan lain penilaian:
1)       Soal dianggap batal, jika terdapat jawaban atau isyarat dari pihak luar regu yang berlomba.
2)       Dewan hakim secara langsung memberi nilai terhadap jawaban peserta setelah mengadakan pertimbangan seperlunya.
3)       Jika dalam satu penampilan duadari tiga regu memperoleh nilai sama, maka penentuan urutannya akan diberikan soal tambahan untuk dijawab olehkedua regu secara berebutan. Jawaban yang benar diberi nilai 100, dan jawaban yang salah dikurangi 100.
4)       Jika semua regu yang tampil memperoleh nilai yang sama, maka akan diberikan soal rebutan tambahan sampai terjadi perbedaan nilai.
5)       Dewan hakim dalam memberikan penilaian memperhatikan ketepatan/ kebenaran jawaban, kefasihan bacaan dan lainnya.
e.       Ruang Lingkup Bahan Lomba Cerdas Cermat
No
Pokok Bahasan
Materi CCQ
TKA
TPA
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
Iqro Jilid 1 – 3
Iqro Jilid 4 – 6
Hafalan Bacaan Sholat
Hafalan Doa Harian dan Adabnya
Hafalan Surah pendek
Hafalan ayat pilihan
Ilmu Tajwid dan Al Quran
Pengetahuan Keislaman/ Dinul Islam
1
1
2
2
2
-
-
2
-
-
1
2
2
1
2
2

Jumlah
10
10
f.        Soal-soal lomba Cerdas Cermat
1)       Soal-soal disusun dan disiapkan oleh tim khusus yang dibentuk oleh direktur lembaga
2)       Soal-soal harus dijaga kerahasiaannya
3)       Tehnis pengaturan pembuatan soal tersebuit diatur dalam aturan tersendiri.


6.       MEWARNAI GAMBAR
a.       Peserta
1)       Santri TKA / TKQ, terdiri dari satu putra dan satu putri
2)       Waktu 90 menit
3)       Alat mewarnai dibawa oleh masing2 peserta
4)       Kertas gambar disediakan oleh panitia dengan ukuran A3
b.       Materi (kerangka gambar)
Gambar mengacu kepada tema : “Hijau Negeriku” (Sketsa disediakan Panitia)
c.       Aspek dan Skor Penilaian
No
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
A.


B.
Bidang Variasi Warna
1.       Pemilihan Warna
2.       Tata Warna
Bidang Keindahan
1.       Kekayaan Warna
2.       Kekayaan Imajinasi
3.       Kebersihan dan Kehalusan

25
20

20
20
15

15
10

10
10
5

Jumlah
100
50


7.       MENGGAMBAR
a.       Peserta :
1)       Santri TPA/ TPQ, terdiri dari satu putra dan satu putri
2)       Waktu 120 menit
3)       Alat gambar dibawa oleh masing-masing peserta.
4)       Kertas gambar disediakan oleh panitia dengan ukuran A3
b.       Materi (kerangkagambar)
Gambar mengacu kepada tema “kita semua saudara”
c.       Aspek dan skor Penilaian


No
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
A.



B.
Bidang  Bentuk Gambar
1.       Kesesuaian gambar dengan tema
2.       Artistik
3.       Kelengkapan Imajinasi
Bidang Keindahan
1.       Pemilihan Warna
2.       Kekayaan Imajinasi
3.       Kebersihan dan Kehalusan

10
30
20

15
15
10

5
20
10

5
5
5

Jumlah
100
50

8.       TILAWAH
a.       Peserta
Santri TQA Perorangan, terdiri dari juara I Outra dan Juara I Putri tingkat Lembaga Daerah
b.       Materi
1)       Alternatif Maqro mengacu pada maqro yang telah ditentukan panitia
2)       Maqro dibaca oleh peserta selama 6 – 7 menit ataumenunggu tanda berhenti dari Dewan Hakim.
c.       Sistem penilaian sama dengan sistem penilaian pada lomba tartil.
d.       Aspek dan skor penilaian sebagai berikut :
No
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
2.
3.
Tajwid
Fashahah dan Adab
Bidang Swara dan Lagu
40
20
40
20
10
20

Jumlah
100
50

e.       Kesalahan-kesalahan
1)       Kesalahan membaca ayat dikategorikan sebagai kesalahan jally.
2)       Kesalahan bidang tajwid, fashahah dan adab, lagu dan suara dalam musabaqah ini diklasifikasikan sebagai kesalahan khafi
3)       Kesalahan lagu dan suara.
a)       Suara kasar, suara pecah, suara parau,suara lemah, suara tidak mampu tinggi dan hilang pada saat nada rendah.
b)       Jumlah lagu kurang dari tiga
c)       Lagu pertamakurang dari tiga tangga nada (Bayyati/ Khusaeni)
d)       Peralihan lagu yang tidak serasi, keutuhan yang tidak jelas dan tempo lagu yang terlalu cepatatau terlalu lambat.
e)       Irama, gaya dan variasi lagu yang tidak indah
f)        Pengaturan nafasyang tidak terkendali
g)       Lagu penutup tidak sama dengan lagu pembukaan (Bayyati/ Khusaeni)


9.       HAFALAN JUZ ’AMMA
a.       Peserta :
Santri TQA perorangan terdiri dari Juara I Putra dan Juara I Putri tingkat Kecamatan.
b.       Teknik Lomba :
1)       Membaca/ menyambung ayat yang di baca oleh dewan hakim
2)       Menyebut nama surah yang dibacakan petugas
3)       Membaca ayat sebelumnya, yang dibaca oleh Dewan Hakim
4)       Setiap peserta mendapatkan 5 (lima) soal.


c.       Materi Penilaian :
1)       Bidang Tajwid, terdiri dari :
v  Makharijul Huruf
v  Shifatul Huruf
v  Ahkamul Huruf
v  Ahkamul Madd wal qasr
v  Tamamul Qira’ah
2)       Bidang Fashahah dan adab, terdiri dari :
v  Al waqf wal ibtida’
v  Adabut-tilawah
v  Tartil
v  Tamamul qira’ah
3)       Bidang Tahfidz (Hafalan), terdiri dari :
a)       Mura’atul ayat :
v  Tarkul ayat
v  Tawaqquf
b)       Sabqul Lisan :
v  Tarkul huruf awil kalimah
v  Ziyadatul huruf awil kalimah
v  Tabdilul kalimah awil harakah
v  Tardidul kalimah
v  Tamamul qiraah
d.       Aspek dan skor penilaian :
No
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
2.
3.
Tajwid
Fashahah dan Adab
Tahfidz (Hafalan)
40
20
40
20
10
20

Jumlah
100
50

10.   TERJEMAH LAFDZIYAH
a.       Peserta
Santri TQA terdiri dari tiga orang dalam satu group, putra/putri/campuran
b.       Materi
1)       Materi/ bahan lomba adalah terjemahan Al Qari’ah sampai Surah Adh Dhuha(9 Surah)
2)       Pendekatan yang dilakukan adalah pemahaman tekstual dan kontekstual
3)       Sistem penilaian  mengacu pada cabang lomba cerdas cermat Al Qur’an (CCQ).
4)       Materi dibuat oleh panitia khusus dengan ruang lingkup, sebagai berikut :
No
Pokok Bahasan
Materi CCTL
Jumlah Soal
1
Makna simbol/ Nama surah
2
2
Makna Kalimah (Lafdziyah)
4
3
Intisari sebuah ayat
2
4
Intisari sebuah surat
1
5
Pemahaman Kontekstual
1
Jumlah
10
11.   KISAH ISLAMI
a.       Peserta
Santri TQA Perorangan, terdiri dari : Juara I (satu) Putra dan Juara I (satu) Putri
b.       Ketentuan Materi
1)       Tema dan inti kisah/ cerita tentang pembentukanAqidahAkhlaq yang mengacu pada ayat Al-Quran dan atau Hadits(sebagai rujukan utama). Kemasanceritanya dapat diambil dari kisah-kisahdalam al Qur’an, Al Hadits, Sejarah Islam sejak masa Rasulullah SAW samapai masa Tabiin (para Imam)
2)       Setisp peserta harus menyiapkan dan menyerahkan narasinya kepada dewan hakim (diketik rapi) danmenyebutkan identitas pengarangnya.
3)       Durasi waktu maksimal antara 10 sampai 15 menit.
c.       Aspek dan Skor Penilaian

No
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
2.
3.
Isi Cerita
Pengembangan Imajinasi
Retorika Penyampaian cerita
40
35
25
25
15
20

Jumlah
100
50


12.   KALIGRAFI
a.       Peserta
Santri TQA Perorangan, terdiri dari : Juara I (satu) Putra dan Juara I (satu) Putri.
b.       Materi (Pilihan Teks Kaligrafi)
1)       Jenis tulisan adalah khat Naskhi atau Tsuluts (pilih salah satu)
2)       Jenis kaligrafi hiasan mushaf
3)       Peserta diperkenankan menggunakan Mal
4)       Bahan tulisan dipilih salah satu dari pilihan, sebagai berikut :
a)       QS. Luqman (31) : 11
“Yaa Bunayya Laa Tusyrik billahi, innasysyirka lazhulmun ‘azhiim”
b)       QS. Al Qamar (54) :17
“ Wa laqad yassarnal quraana lidzdzikri fahal min mudzdzakir”
c)       QS Al-Mujadilah (49) : 11
“ Yarfa’illahul ladziina aamanuu minkum wal ladziina uutul ‘ilma darajaatin”
d)       Hadits Nabi SAW
“Khairukum man ta’allamal quraana wa ‘allamahuu”
e)       Hadits Nabi SAW :
“ Zayyinuu manaazilakum bishshalati wa tilaawatil qur’aan “
c.       Alokasi Waktu dan Peralatan
1)       Alokasi waktu yang disediakan maksimal 180
2)       Peralatan Kaligrafi disediakan oleh masing-masing peserta
3)       Kertas disediakan oleh panitian penyelenggara dengan ukuran A2 (60 X 42).





d.       Aspek dan Skor Penilaian
No
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
2.
3.
Ketepatan Kaidah Tulisan
Kebersihan Keindahan Penulisan
KeserasianWarna dan ornamen/ hiasan
50
30
20
20
10
20

Jumlah
100
50

13.   LOMBA CERAMAH BAHASA INDONESIA
a.       Peserta
1)       Santri TKA/ TKQ Perorangan, terdiri dari : Juara 1 (satu) putra dan Juara 1 (satu) putri tingkat kecamatan.
2)       Santri TPA/ TPQ Perorangan, terdiri dari : Juara 1 (satu) putra dan Juara 1 (satu) putri tingkat kecamatan.
3)       Santri TQA Perorangan, terdiri dari : Juara 1 (satu) putra dan Juara 1 (satu) putri tingkat kecamatan.
b.       Materi/ Tema Ceramah
Ketentuan materi atau tema ceramah yang dibawakan adalah sebagai berikut :
1)       TKA/ TKQ, dengan tema : “QUR’ANKU KEREN”
2)       TPA/ TPQ, dengan tema : “RASULULLAH SAW IDOLAKU”
3)       TQA, dengan tema : “GENERASI DAMBAAN UMMAT”
c.       Waktu ceramah maksimal 10 – 15 menit
d.       Ceramah tanpa menggunakan teks
e.       Isi ceramah dilengkapi dengan AlQur’an dan Hadits
f.        Materi Penilaian :
1)       Bidang isi dan bahasa terdiri dari :
a)       Bobot uraian dan cakupan
b)       Sistimatika Uraian
c)       Ungkapan Bahasa
d)       Gaya bahasa
2)       Bidang Dalil dari Al Qur’an dan Hadits
a)       Kebenaran Bacaan
b)       Kebenaran Terjemah
c)       Kesesuaian dalil dengan topik dan uraian
3)       Bidang Retorika/ Metode penyampaian
a)       Vokal, intonasi dan aksentuasi
b)       Ekspresi
c)       Adab
g.       Aspek dan Skor Penilaian
No
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
2.
3.
Isi dan Bahasa
Dalil
Retorika/ Metode penyampaian
40
25
35
20
10
20

Jumlah
100
50


14.   LOMBA CERAMAH BAHASA ARAB
a.       Peserta
Santri TQA Perorangan, terdiri dari : Juara 1 (satu) putra dan Juara 1 (satu) putri tingkat kecamatan.
b.       Materi
1)       Materi ceramah bertemakan
2)       Waktu ceramah maksimal 10 – 15 menit
3)       Ceramah tanpa menggunakan teks
4)       Ceramah menggunakan Bahasa Arab Fushah
5)       Isi ceramah dilengkapi dengan AlQur’an dan Hadits
c.       Materi Penilaian :
1)       Bidang isi dan bahasa terdiri dari :
a)       Bobot uraian dan cakupan
b)       Sistimatika Uraian
c)       Ungkapan Bahasa
d)       Gaya bahasa
2)       Bidang Dalil dari Al Qur’an dan Hadits
a)       Kebenaran Bacaan
b)       Kebenaran Terjemah
c)       Kesesuaian dalil dengan topik dan uraian
3)       Bidang Retorika/ Metode penyampaian
a)       Vokal, intonasi dan aksentuasi
b)       Ekspresi
c)       Adab
d.       Aspek dan Skor Penilaian
No
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
2.
3.
Isi dan Bahasa
Dalil
Retorika/ Metode penyampaian
40
25
35
20
10
20

Jumlah
100
50

15.   LOMBA PIDATO BAHASA INGGRIS
a.       Peserta
Santri TQA Perorangan, terdiri dari : Juara 1 (satu) putra dan Juara 1 (satu) putri tingkat kecamatan.
b.       Materi
1)       Materi pidato bertemakan
2)       Waktu pidato maksimal 10 – 15 menit
3)       pidato tanpa menggunakan teks
4)       pidato  menggunakan Bahasa Inggris
5)       Isi ceramah dilengkapi dengan AlQur’an dan Hadits
c.       Materi Penilaian :
1)       Bidang isi dan bahasa terdiri dari :
a)       Bobot uraian dan cakupan
b)       Sistimatika Uraian
c)       Ungkapan Bahasa
d)       Gaya bahasa
2)       Bidang Dalil dari Al Qur’an dan Hadits
a)       Kebenaran Bacaan
b)       Kebenaran Terjemah
c)       Kesesuaian dalil dengan topik dan uraian
3)       Bidang Retorika/ Metode penyampaian
a)       Vokal, intonasi dan aksentuasi
b)       Ekspresi
c)       Adab
d.       Aspek dan Skor Penilaian
No
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
2.
3.
Isi dan Bahasa
Dalil
Retorika/ Metode penyampaian
40
25
35
20
10
20

Jumlah
100
50

16.   SHOLAT BERJAMAAH
a.       Peserta
1.       Santri TPA/ TPQ, 2 group putra putri (sebanyak @ 5 orang, 5 putra dan 5 putri sendiri-sendiri)
2.       Santri TQA, 1 group campuran (sebanyak 5 orang)
b.       Materi :
1.       Sholat maghrib berjamaah tiga rakaat
2.       Bacaan dan gerakan sholat dari takbiratul ihram sampai salam
3.       Surat-surat yang dibaca setelah al Fatihah
a)       Rakaat pertama membaca surat At Tin
b)       Rakaat keduamembaca surat al Kafirun
4.       Untuk bacaan dalam shalat , suara Imam dikeraskan dan makmum tidak
5.       Bacaan doa sesudah sholat dikeraskan (Imam dan Makmum)
6.       Doa yang dibaca sesudah sholat adalah doa untuk kedua orang tua dan doa kebaikan dunia akhirat.
7.       Untuk keperluan penilaian, bacaan niat dikeraskan (imam dan makmum)
c.       Aspek dan Skor Penilaian
No
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
2.
3.
Bidang Qouliyah
Bidang Fi’liyah
Bidang Doa danAdab
35
35
30
20
20
10

Jumlah
100
50


17.   REBANA
a.       Peserta santri TQA, 1 group putra/ putri/ campuran (sebanyak maksimal 10 orang)
b.       Setiap peserta/ group membawakan lagu wajib “Sholatun”, dan satu lagu pilihan bebas
c.       Alat musik membawa sendiri
d.       Tidak boleh membawa alat musik modern
e.       Waktu tampil 10-12 menit
f.        Aspek dan skor penilaian :
No
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1
Kualitas Vokal
30
15
2
Ketepatan nada &kesesuaian Irama
20
10
3
Tekhnik pengaturan nafas & peralihan suara
20
10
4
Penghayatan / ekspresi
10
4
5
Variasi gerak & kekompakan
15
8
6
Kostum
5
3

Jumlah
100
50


BAB IV
PENENTUAN PESERTA TERBAIK DAN KEJUARAAN
Pasal 9
PENENTUAN PESERTA TERBAIK

1.       Peserta yang memperoleh jumlah nilai ranking ke-1, ke-2 dan ke-3 adalah peserta terbaik I, II, dan III pada bidang/ cabang lomba yang bersangkutan.
2.       Jika terdapat 2 (dua) orang atau lebih peserta yang memperoleh nilai sama, maka penentuan pemenangnya didasarkan pada nilai tertinggi bidang penilaian urutan pertama sebagaimana tertuang pada Bab IV pasal 7 tentang jenis lomba. Jika masih sama didasarkan pada nilai tertinggi bidang penilaian kedua dan ketiga. Jika masih sama dimungkinkan adanya juara kembar.

Pasal 10
PENENTUAN KEJUARAAN KATEGORI

1.       Kejuaraan Kategori adlaah kejuaraan menurut Kategori Lomba yang telah ditetapkan, yaituKategori TKA/ TKQ, Kategori TPA/ TPQ, dan Kategori Ta’limul Qur’an lil Aulad (TQA.
2.       Penentuan juara Kategori didasarkan pada jumlah total nilai tertinggi yang diperoleh dari kategori masing-masing utusan kecamatan / kontingen dengan ketentuan :
a.       Juara I        dinilai 5
b.       Juara II       dinilai 3
c.       Juara III      dinilai 1

Pasal 11
PENENTUAN KEJUARAAN UMUM

1.       Penentuan Juara Umum didasarkan pada jumlah nilai tertinggi (gabungan dari seluruh kategori) yang diperoleh Utusan Kecamatan/ Kafilah dengan ketentuan perhitungan :
JUARA
BOBOT NILAI
I
5
II
3
III
1

2.       Jika terdapat nilai kejuaraan yang sama antara dua wilayah atau lebih, maka penentuannya berdasarkan pada nilai tertinggi cabang MTQ Tartil TKA/ TKQ Putra/ Putri. Jika masih sama penentuannya didasarkan pada nilai tertinggi cabang MTQ Tartil TPA/ TPQ Putra/ Putri. Jika masih sama juga maka penentuannya didasarkan pada nilai tertinggi cabang MTQ TQA Putra / Putri. Untuk penentuan akhir dimungkinkan adanya Juara Kembar.
3.       Penetuan Juara Umum di SK-kan tersendiri oleh Panitia.

Pasal 12
KEPUTUSAN AKHIR DEWAN HAKIM

1.       Keputusan Dewan Hakim tidak bisa diganggu gugat dan bersifat tetap selama komisi pengawas tidak membuktikan lain.
2.       Penentuan peserta terbaik ditetapkan berdasarkan hasil penilaian juri dan diputuskan melalui rapat dewan hakim.
3.       Jika keputusan dewan hakim telah diumumkan tetapi tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, maka dapat digugurkan setelah beberapa pertimbangan, bukti-bukti otentik dan hasil sidang Panitia yang dipimpin oleh Ketua Panitia.

BAB V
PENUTUP

Demikian Panduan Pelaksanaan Festival AnakSholeh Indonesia (FASI) V ini dibuat agar semua pihak yang terkait dapat menjadikan panduan ini sebagai acuan dalam pelaksanaan Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) dari mulai tingkat kecamatan hingga nasional.
Selanjutnya apabila dalam Panduan Pelaksanaan Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) V ini mungkin saja terdapat kesalahpahaman maka kami berharap agar segera mengkonfirmasikan ke PANITIA FASI V TINGKAT KABUPATEN TEGAL.

Slawi,  Oktober 2015
Ketua Umum
BADKO TPQ KAB. TEGAL


Drs. KH. Choirul Amin, MSI


Share on Google Plus

About Kang Komar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment